'/> Tari Balumpa Sulawesi Tenggara -->

Info Populer 2022

Tari Balumpa Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa Sulawesi Tenggara
Tari Balumpa Sulawesi Tenggara
Tari Balumpa | TradisiKita - Tari Balumpa yaitu Tarian tradisional dari Daerah Kabupaten Wakatobi yaitu kawasan Binongko dan Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Kali ini TradisiKita mengajak Sobat untuk mengenal ludang kecepeh banyak perihal tarian Balumpa dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Tentu saja dengan mengenalkan tari Balumpa kepada masyarakat, merupakan salah satu kepedulian dan bentuk kasatmata dalam melestarikan berbagai  tari-tarian kawasan Indonesia yang merupakan kekayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga : 

1. Tentang Tari Balumpa

Tarian Balumpa yaitu tarian tradisional yang mencerminkan kegembiraan masyarakat nelayan wakatobi Binongko dan Buton dalam menghadapi ombak demi menafkahi keluarga. Tari Balumba biasanya dipertunjukan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan dari luar daerah.

2. Sejarah Tari Balumpa

Sejarah tari Balumpa ini belum kami temukan tercatat dalam beberapa media, namun tari Balumpa ini  berasal dari kawasan Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tari Balumpa lahir dari kudang kecepeasaan masyarakat di Kepulauan Binongko dalam menyambut tamu dengan keramah tamahanannya. Tari ini diiringi oleh alat musik gambus dan gendang serta alunan pantun khas Binongko yang sukar untuk ditiru.

3. Fungsi dan Makna Tari Balumpa


Fungsi Tari Balumpa ini yaitu merupakan tarian yang ditampilkan untuk menyambut tamu yang tiba ke Kepulauan Binongko pada khususnya dan Kabupaten Wakatobi serta Provinsi Sulawesi Tenggara pada umumnya. Namun pada ketika ini Tari Balumpa tidak hanya dipakai untuk menyambut tamu, tapijuga ditampilkan pada banyak sekali acara-acara besar di Wakatobi dengan tujuan untuk menghibur para wisatawan.

Adapun pengertian dan klarifikasi dari tarian Balumpa menggambarkan rasa bangga dan kelemah lembutan serta keramah tamahan masyarakat Wakatobi dalam menyambut tamu.

4. Pertunjukan Tari Balumpa


Tari Balumpa dilakukan oleh 6 sampai 8 orang penari, baik berpasangan antara penari pria atau perempuan, atau tiruananya penari perempuan. Gerakan tari Balumpa ini didominasi oleh gerakan tangan dan gerak badan serta juga gerak ayunan kaki dengan verbal yang gembira, sehingga tari ini terlihat indah dan ramah.

5. Musik Pengiring Tari Balumpa 

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa fungsi musik dalam sebuah tari sanggup memmemberikan irama, memmemberikan citra suasana, mempertegas ekpresi gerak, serta memmemberikan rangsangan kepada penari.

Baca Juga : Fungsi Musik Dalam Tari

Demikian pula dengan Tari Balumpa. Tarian dari Wakatobi ini memakai musik pengiring dan alunan pantun untuk mengirinya gerak para penari. Tari Balumpa memakai musik pengiring dari alat musik tradisional Sulawesi Tenggara berupa alunan musik gambus diiringi bunyi gendang.

Lagu yang mengiringi tarian Balumpa juga tidak ceroboh dan asal asalan, lagu yang dipakai berupa pantun dalam bahasa Binongko.

6. Kostum Penari Balumpa


Penari Balumpa mengenakan pakaian khas berupa baju etika Sulawesi Tenggara. Para penari Balumpa biasanya memakai baju berlengan pendek dan kain panjang khas Sulawesi Tenggara. Adapun aksesoris yang dipakai penari berupa anting, kalung, gelang dan hiasan kepala yang khas, dan tidak lupa kain selendang yang dipakai untuk menari.


Tari Balumpa | gambar : http://www.wakatobitourism.com

7. Video Tari Balumpa


Sebagai citra mengenai keindahan dan keceriaan tari Balumpa yang berasal dari Kabupaten Wakatobi, memberikankut ini kami akan tampilkan video tari Balumpa yang telah diupload di situs youtube.com :


Demikian Sobat Sakuilmu, info mengenai Tari Balumpa yang berasal dari Sulawesi Tenggara supaya memberi manfaat.

Referensi :
  1. https://tirto.id/sukar-ditiru-gerak-tari-dan-lantunan-pantun-punya-ciri-khas-bbXN
  2. http://www.wakatobitourism.com/id/tarian-tradisional-pulau-binongko/
  3. /search?q=pengertian dan penjelasan-pertunjukan-tari-balumpa-sulawesi
  4. https://www.youtube.com/watch?v=yKXLfUAIIOk
Advertisement

Iklan Sidebar