'/> Rumah Akhlak Nusa Tenggara Timur, Sao Ata Mosa Lakitana -->

Info Populer 2022

Rumah Akhlak Nusa Tenggara Timur, Sao Ata Mosa Lakitana

Rumah Akhlak Nusa Tenggara Timur, Sao Ata Mosa Lakitana
Rumah Akhlak Nusa Tenggara Timur, Sao Ata Mosa Lakitana
Rumah Adat Nusa Tenggara Timur, Sao Ata Mosa Lakitana | TradisiKita - Berikut ini klarifikasi rumah moral Sao Ata Mosa Lakitana yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. TradisiKita kali ini akan berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur dan akan menyebarkan isu seputar rumah moral Sao Ata mosa Lakitana.

Rumah moral orisinil Timor ini  mempunyai bentuk mirip lingkaran telur dan tanpa tiang. Di dalam rumah moral ini terdapat suatu tempat suci untuk arwah nenek moyang yang pada saat-saat tertentu selalu dimemberikan sesaji.

Bentuk Bangunan Rumah moral Nusa Tenggara Timur :

Bentuk bangunan rumah ini dibedakan dalam 3 bentuk yang didasarkan pada model atapnya, yaitu :

  • Bentuk atap berjoglo yang merupakan rumah moral suku bangsa Sumba
  • Bentuk atap atap kerucut bulat, merupakan rumah moral suku bangsa Timor
  • Bentuk atap mirip bahtera terbalik, merupakan rumah moral suku bangsa Rote.


Masyarakat pesisir suku Sabu yang merupakan pelaut membangun rumah adatnya dengan mirip perahu. Hal ini alasannya yaitu hubungan yang akrab dengan kebudayaan serta kehidupan sehari-harinya. Misalnya atapnya berbentuk bahtera terbalik menandakan, masyarakat kawasan ini mengenal bahtera dan maritim sebagai alamnya. Hampir seluruh bab rumah dimemberikan nama bagian-bagian bahtera mirip haluan, anjungan (duru), dan burian (wui). Duru merupakan bab yang diperuntukkan bagi kaum laki-laki, sedangkan Wui bab yang diperuntukkan bagi kaum perempuan.

Di perkampungan suku bangsa Sabu, menurut bentuk rumah adatnya dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Amu kelaga atau rumah moral yang berpanggung
  • Ammu laburai rumah yang berdinding tanah

Rumah moral Ammu kelaga merupakan bentuk rumah Sabu orisinil yang memiliki lantai panggung difungsikan sebagai balai-balai dan disebut sebagai ‘kelaga’. Bangunan ini memiliki bentuk 4 persegi panjang dengan atap lancip mirip bahtera terbalik. Tiangnya berbentuk lingkaran terbuat dari kayu pohon lontar, enau, ebonit atau kayu besi. Lantai panggungnya bertingkat 3 , yakni kelaga rai, atau panggung tanah, kelaga ae atau panggung besar, kelega dammu atau panggung loteng yang mencerminkan iktikad orang Sabu adanya tingkatan dunia, yakni dunia bawah atau dunia arwah, dunia tengah atau dunia insan dan dunia atas atau dunia para dewa.

Gambar Rumah Adat Nusa Tenggara Timur :




Demikian Sobat Tradisi, klarifikasi singkat mengenai rumah moral Sao Ata Mosa Lakitana yang berasal dari kawasan Nusa Tenggara Timur.

Sumber acuan :
http://budaya-indonesia.org/Sao-Ata-Mosa-Lakitana/ 
Advertisement

Iklan Sidebar