'/> 34 Pakaian Etika Indonesia Bab 2 -->

Info Populer 2022

34 Pakaian Etika Indonesia Bab 2

34 Pakaian Etika Indonesia Bab 2
34 Pakaian Etika Indonesia Bab 2
34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 2 | TradisiKita - Pada Bagian Pertama kita sudah mengenal aneka macam pakaian tradisional Indonesia atau baju susila dari 10 Provinsi di Pulau Suamtera. Kali ini kita akan merangkum kembali baju susila Indonesia khsusunya yang ada di Pulau Jawa.

11. Baju Adat dari Provinsi DKI Jakarta


Betawi ialah merupakan suku susila yang tinggal di Ibukota Negara Indonesia. Dari suku Betawi ini terlahir pakaian susila yang menjadi ciri khas Provinsi Jakarta.

Baju Koko dan Kebaya menjadi hal yang biasa dikenakan oleh masyarakat Betawi yang digunakan sehari-hari. Namun pada program yang ludang keringh resmi, masyarakat Jakarta sudah mempunyai setelan tersendiri. Silahkan kunjungi link ini untuk mengenal ludang keringh jauh perihal pakaian susila Betawi di DKI Jakarta.


12. Baju Adat dari Provinsi Banten

Banten mempunyai pakaian khas yang hanya digunakan oleh suku Baduy, baik itu Baduy Dalam maupun Baduy Luar. Namun tidak sedikit pula masyarakat Banten yang masih mempertahankan penggunaan Baju Tradisional menyerupai Pangsi untuk laki-laki ataupun Kebaya yang digunakan oleh kaum wanita.


Disamping baju susila yang digunakan sehari-hari, masyarakat Banten mempunyai pakaian susila yang digunakan oleh pengantin menyerupai pada rujukan gambar diatas. Untuk Sobat yang ingin mengenal baju susila Banten ini sanggup mengunjungi halaman ini.

13. Baju Adat Jawa Barat


Suku Sunda yang tinggal di Provinsi Jawa Barat juga mempunyai baju tradisi yang menjadi bukti diri dan ciri khas masyarakat Jawa Barat. Bisa dibilang masyarakat Sunda mempunyai baju susila yang sederhana, namun Jawa Barat juga menjadi pusat pengembangan dan penghasil produk pakaian modern.


Untuk mengenal bermacam-macam pakaian susila dari Provinsi Jawa Barat, silahkan Sobat kunjungi link ini.

14. Baju Adat Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah mempunyai pakaian susila resmi yang digunakan oleh pegawai negeri sipil sebagaimana gambar dibawah ini :


Baju resmi tersebut terdiri dari beberapa macam, mulai dari beskap dan surjan yang digunakan oleh laki-laki dan kebaya yang digunakan oleh wanita. Namun tidak terbatas oleh baju resminya saja, aneka macam baju susila juga digunakan oleh pengantin Jawa Tengah yang menjadi ciri khas dan bukti diri masyarakat Jawa Tengah. Sekomplitnya sanggup dibaca didalam link ini.

15. Baju Adat Yogyakarta

Dalam lingkungan keraton ngayogyakarto dikenal aneka macam pakaian susila baik untuk laki-laki maupun wanita. Selain itu juga pakaian / baju susila Yogyakarta khususnya dilingkungan keraton tersebut sanggup dibedakan menurut kedudukan orang yang memakainya dalam pemerintahan keraton, sehingga dikenalah pakaian untuk abdi dalem (pegawai keraton) dan baju susila untuk pejabat yang memerintah di pemerintahan Provinsi DIY.



Untuk mengenal aneka macam pakaian susila Yogyakarta, Sobat sanggup mengunjungi link ini.

16. Baju Adat Jawa Timur


Di Jawa Timur dikenal baju susila yang sudah familier dikenakan oleh kakak sate Madura. Tahukah teman apa nama baju Jawa Timur yang khas dengan kaos bergaris merah dan putih tersebut? Yap, baju susila tersebut dikenal dengan nama baju Pesa'an.


Untuk mengetahui ludang keringh banyak mengenai baju Jawa Timur, silahkan kunjungi halaman ini.

Demikian Sobat Tradisi, rangkuman mengenai baju susila Indonesia yang ada di Pulau Jawa yang telah terangkum dalam bab 2. Untuk yang ingin tahu pakaian susila Indonesia lainnya, silahkan kunjungi bab lain dari link dibawah ini.

Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4 | Bagian 5

Advertisement

Iklan Sidebar